Ancaman Resesi Dunia, Indonesia Juga Turut Berisiko

News146 Dilihat

JAKARTA – Sejak terjadinya perang Rusia terhadap Ukraina, di situ mulai terlihat bahwa suatu negara yang memiliki Sumber Daya Alam, khususnya rusia mempunyai privilege terhadap negara-negara terutama yang mengandalkan pasokan dari kebutuhan room material. Sudah makin kelihatan darimana negara-negara yang mempunyai kekuatan yang sangat besar di Eropa Barat, mendekat ke musim dingin, ini mengkhawatirkan bagi mereka karna ada ancaman dan sudah berkali-kali menghadapi gangguan suplai ke negara-negara barat tersebut dari Rusia.

Krisis global yang dianggap seram, factor utama itu adalah energi, tapi Indonesia mempunyai potensi tersebut. Setting strategi nasional bagaimana kita menghadapi suatu potensi ancaman yang katanya kita menghadapi black out 2023, sekarang kalau kita mempunyai strategi nasional, utamanya meningkatkan potensi ekonomi kita tersendiri dengan menggunakan mata uang rupiah, itu kita bisa survive, contoh simple nya penggunaan GPN (Gerakan Pembayaran Naional) pakai rupiah.

“Presiden harus mengambil sikap seluruh polisi, kapolres, kapolda supaya bagaimana tingkatkan penegakan hukum. Kalau dalam hal minyak, bukan hanya pertamina semua elemen.” kata Dirgo D Purbo dalam diskusi akhir pekan Titik Temu Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN), di Jakarta (15/10/2022)

Orang yang paling bertanggung jawab dalam krisis ekonomi ini adalah Jokowi.

“Pesan untuk Jokowi, angkat semua nilai-nilai nasional kita dengan menggunakan rupiah, khususnya untuk produksi minyak.” ujar Dirgo D Purbo.