Tingginya Apresiasi & Kepuasan Masyarakat untuk Program-program Era Jokowi, Ini Kata Pengamat

News175 Dilihat

Jakarta – Sejumlah survei merilis temuan tingkat kepuasan publik dengan Kinerja Presiden Jokowi. Kepuasan masyarakat bahkan mencapai angka 70 persen di periode kedua ini.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, tingkat kepuasan publik terhadap capaian pemerintahan cenderung meningkat meski mengalami fluktuasi.

“Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pak Jokowi ya itu mengalami fluktuasi. Nah kalau di periode pertama itu memang sangat tinggi sekali. Di awal awal periode kedua itu tinggi,” kata Karyono Wibowo pada Sabtu (3/12/2022).

Salah satu faktor yang menjadi kepuasan publik adalah upaya pemerintah dalam menangani dan meredam sebaran Covid-19 hingga upaya penyediaan vaksin yang maksimal bagi seluruh masyarakat.

Kebijakan yang dilahirkan pemerintah justru mendapat banyak apresiasi dari banyak pihak termasuk juga dari berbagai negara-negara. Bantuan sosial yang diberikan pemerintah semasa Covid-19 juga berkontribusi penting dalam menjaga situasi ekonomi selama pandemi.

“Lalu kemudian setelah ada Covid-19 ya sempat menurun pada saat itu. Tetapi ketika kebijakan pemerintah, pemerintahan Pak Jokowi dalam hal untuk penanganan covid itu dilakukan secara secara masif,” jelasnya.

“Ada vaksin, kemudian ada bansos, bantuan sosial jalan. Dan akhirnya kan penanganan Covid di Indonesia oleh pemerintahan Pak Jokowi kan banyak dipuji oleh berbagai negara bahwa Indonesia berhasil menangani pandemi,” jelasnya lagi.

Karyono menegaskan bahwa angka kepuasan publik saat ini masih relatif baik di tengah situasi ekonomi global yang saat ini belum dapat dipastikan oleh negara manapun. DI tengah ancaman krisis, fundamental ekonomi menurut Karyono, masih cukup bagus.

“Nah kemudian dampak pandemi kan pasti berdampak pada ekonomi kan, ekonomi ketika dunia kepada negara mengalami krisis ekonomi, Indonesia masih cukup bagus, masih cukup bagus kalau dibandingkan dengan beberapa negara misalnya. Nah itulah kemudian memang tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pak Jokowi totalnya 68% ya relatif baik,” paparnya.

Keberhasilan yang diraih pemerintah lainnya yakni suksesnya penyelenggaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dilaksanakan di Bali pada 15-16 November kemarin. Indonesia sebagai tuan rumah justru mendapat apresiasi masyarakat dunia. Selain itu, di sektor keamanan, pemerintah juga dinilai relatif baik.

“Nah keberhasilan itus elain penanganan masalah pandemi juga misalnya pelaksanaan KTT G20 ini juga dipuji oleh banyak orang, masyarakat dunia. Nah, kemudian juga dalam beberapa penanganan masalah keamanan misalnya, keamanan juga cukup relatif baik.,” ungkap dia.