Deklarasi Bahasa Pancasila di SMAN 114 Cilincing, Membentuk Pelajar yang Gerakkan Nilai & Amal Pancasila

News150 Dilihat

Jakarta – Bahasa Pancasila dan peluncuran tiga buah buku karya klinik Pancasila resmi dideklarasikan di SMAN 114 Cilincing, Kamis (11/5/2023).

Bahasa Pancasila ini sebagai implementasi kurikulum Merdeka dan Pelaksanaan P5 (Project, Penguatan, Profil, Pelajar Pancasila).

Bahasa Pancasila setebal 1002 halaman itu diserahkan kepada Kepsek SMAN 114 Drs Dwi Priyo Eko Mpd, BRIGADE Pancasila (917 halaman), Danramil Cilincing Mayor Inf Suwaryono, Laboratorium Pancasila (492 Halaman) dan Camat Cilincing Dra Anita Permata Sari.

“Dengan bahasa Pancasila kita harmonisasi akal pikiran dengan budi pekerti untuk menumbuhkan pelajar Pancasila yang terampil menggerakkan gagasan (nilai Pancasila) menjadi tindakan (amal Pancasila),” demikian isi deklarasi yang disampaikan Direktur Klinik Pancasila sekaligus pemegang 15 rekor MURI Pancasila, DR. Dody Susanto.

Menurut penggagas kantin kejujuran, kampung Pancasila, warung NKRI, dan Kereta Api Pancasila itu, bahasa Pancasila ini diharapkan bisa dimanfaatan untuk publik luas, tidak hanya generasi milenial saja.

“Untuk memenangkan Pancasila agar eksis di tengah serbuan globalisasi derasnya penyimpangan perilaku. Bahasa Pancasila bisa jadi jembatan komunimasi agar pembumian Pancasila terasa dalam implementasi dengan kombinasi akal pikiran sehat dan budi pekerti luhur,” pungkasnya.