Wujudkan Peningkatan SDM Papua Berbasis SDA, SGM-P Persiapkan Kemitraan Enterpreneur

News138 Dilihat

Kami Solidaritas Generasi Muda-Papua (SGM-Papua), merupakan kelompok muda Papua (OAP) yang juga sejauh ini fokus program kerja pada peningkatan kualitas SDM muda Papua berbasis potensi SDA. Saat ini kami mulai berinovasi merambah pada mempersiapkan potensi entrepreneurship generasi muda Papua yang dimulai dari keanggotaan SGM-Papua secara internal. Pengembangan ruang program ini juga untuk meningkatkan kapasitas diri generasi muda Papua, dengan memanfaatkan setiap ruang peluang positif yang ada saat ini. Pada kesempatan ini kami SGM-Papua yang juga bermitra dengan Grup Jelajah Kampung, secara bersama inisiatif mengikuti kelas Entrepreneurship Opportunity Seminar BLUE OCEAN STRATEGY yang diadakan Ciputra Entrepreneurs Club pada 1 Maret 2023 di Pendopo Sumber Cinde, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Jawa Timur.

Pengembangan potensi entrepreneurs ini kami inisiasikan agar kedepan bisa menjadi kanalisasi dari dua ruang program kerja SGM-Papua yaitu ruang pendidikan formal dan pendidikan non-formal (Vokasi). Bagian ini sudah harus mulai didorong sebagai sarana ataupun media produksi entrepreneurs/pengusaha-pengusaha muda Papua dari hasil pendampingan program pendidikan formal maupun ruang pengembangan vokasi. Hal mendasar yang mendorong kami SGM-Papua untuk kembangkan ruang ini adalah karena mengacu pada salah satu item landasan yang melatarbelakangi lahirnya SGM-Papua ini sendiri. Item landasan dimaksud adalah melimpahnya potensi SDA dan aset Kearifan lokal di Papua, namun belum secara maksimal dikelola dengan baik oleh kami sebagai OAP yang mendiami Tanah Papua.

Melihat minimnya peran/andil OAP dalam merambah dunia kewirausahaan/pengusaha yang sukses dan mampu bersaing dengan pengusaha daerah lainnya, maka hal itu menjadi sugesti bagi kami untuk mendorong pengembangan ruang tersebut. Hal itu kami merasa telah dijamin dan dipermudah dengan adanya UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang OTSUS Papua dan realisasi DOB menjadi enam provinsi yang ada saat ini. Bahwa pada dasarnya peruntukan hadirnya OTSUS Papua adalah memberikan Orang Asli Papua wewenang mengatur/mengelola kebijakan dan anggaran OTSUS untuk membangun dan mengembangkan daerahnya masing-masing.

Oleh karena itu kami merasa sudah saatnya untuk generasi muda Papua (OAP) saat ini, diberikan ruang pengembangan entrepreneurs yang cukup dengan bidang lainnya yang menunjang. Hal ini juga merupakan langkah yang lebih konkret terkait perwudan implementasi OTSUS Papua. Agar kami dapat mengelola hasil potensi SDA yang melimpah di atas Tanah Papua untuk menjamin Kesejahteraan Hidup Rakyat Papua dan juga masyarakat INDONESIA lainnya.

Penulis : Arie Ferdinand Waropen
Ketua Umum DPP Solidaritas Generasi Muda-Papua